Over Birahi pada pleci

Leave a comment

June 21, 2014 by Ipan Pranashakti

Tidak semua burung yg gacor adalah karena hasil olahan untuk setingan birahi tinggi, atau ada istilah “OVER BIRAHI” khusus ekpresi burung dg perilaku tertentu,Over birahi  istilah ini sy hanya meminjam dari budaya komunitas. Karena burung yang birahi nya  normal, bahkan masih muda belum memiliki strata birahi pun bisa bunyi dan gacor. Prinsipnya, suara dari pleci itu ada beberapa tingkatan pendorong yg membedakan suara pleci  sifatnya adalah bernyanyi, siulan, kode/teriakan/call. Sedang kondisi siulan tidak membutuhkan kondisi birahi tinggi.

Over birahi dipengaruhi oleh beberapa hal

  1. Asupan dalam kadar tertentu, dan jenis tertentu, ini dipasaran ada yg kimiawi ada yg herbal.
  2. Pleci tua yang tidak pernah bermesraaan dengan betina, dalam hal ini sy mencoba sendiri pleci tua sekali, hingga kakinya sdh seperti pedang/besi, dan terbangpun sudah perlahan, sering tampak over birahi, kemudian dg terapi tertentu bisa hilang
  3. Faktor Hormonal, yaitu kondisi hormon testosteron, yang ini dipengaruhi oleh pola rawatan mulai dari pola koloni, penjemuran tepat, rangsangan dari minuman, pakan, dan asupan protein khusus. Hormonal sifatnya adalah di dalam tubuh pleci, sehingga perlunya ada pengaturan perawatan untuk pola menyeluruh

Dalam mengatasi over birahi, solusinya memang memprediksi dari awal kira-kira faktor apa penyebabnya, dari ketiganya di atas, karena cara mengatasinya berbeda-beda.

Namun over birahi pleci dapat distabilkan atau dijadikan potensi untuk burung itu, terutama untuk lomba, dengan beberapa hal, yang  bisa dipilih :

  1. Dicampur betina dalam beberapa hari, kadang sy hingga seminggu-1 bulan (kalau parah), ini untuk melakukan penstabilan karena proses kawin, sebenernya  memacu munculnya hormon oksitosin yang dapat menstabilkan pleci, mengurahi stres, menurunkan tekanan darah yg berlebihan, tidak emosional, lebih tenang, konsentrasi ( ke nyayian burung)
  2. Dekatkan dengan sangkar pleci betina, namun mohon dipilih betina yang tipe penggoda dan lenjeh, dengan call betina yg khas
  3. Kuatkan pleci dalam kondisi rawatan untuk memperlancar pembakaran kalori tubuh, sebenernya ketika pleci birahi kemudian kawin antara jantan betina, maka pada kondisi ini, pleci sedang membakar kalori, ibarat manusia yang olahraga, memang tidak semua lemak akan terbakar pada kondisi ini, tetapi cukup mengaktifkan jantung untuk memompa aliran darah lebih aktif, sehingga kadang jika kita berikan minuman suplemen untuk lomba, dan agar cepat mengalir ke seluruh tubuh dan organ, maka pleci betina sering didampingkan, karena memang birahi berhubungan dengan aktifitas jantung dalam memompa darah.
  4. Salah satu makanan alami pleci adalah  buah-buahan yg memilki kandungan vitamin tinggi, serat tinggi dan antioksidan terbaik karena alami, sehingga ketika pleci terlalu banyak diberikan makanan dan minuman buatan apalagi kimiawi, maka akan mempengaruhi kondisi fisik pleci, terutama metabolismenya yang kadang terganggu, maka buah dengan vitamin tinggi, anti oksidan dan zat pendorong metabolisme bisa menjaga kesimbangan tubuhnya. Seperti buah pisang memilki kasiat yang ampuh buat pleci, bisa di baca di sini Manfaat Pisang buat  Pleci
  5. Dalam penyebab over birahi di atas ada juga berkenaan dengan perawatan, sehingga ada pola untuk diubah untuk dinyamankan kondisi dengan mengawali hari dengan diembunkan di pagi hari (subuh) dg air cepuk penuh +buah dulu, dan sangkar bersih, ini penting sekali, bisa dibaca alasannya di sini 30 menit paling bermakna di pagi hari. KOndisi ini akan menyegarkan kondisi tubuh dengan kualitas oksigen, dan kelembaban tubuh yang pas, baik sekali terutama jika mengingat konsep YIN YANG dari penggemar pleci di singapore dan china.
  6. Over birahi juga bisa berasal dari kondisi SUNTUK KEMRUNGSUNGNYA pleci, yang mempengaruhi kondisi emosi pleci, sehingga pleci terlihat banyak tingkah dan ekpresi over birahi, padahal itu tingkah akumulatif, bukan karena faktor birahi saja, lihatlah dipleci muda, sehingga sangkar besar, untuk pembakaran kalori dan tenangnya fisik dengan kenyamanan tinggi akan memperngaruhi kondisi otak dan kenyamanan pleci.
  7. Perbedaan nyata protein nabati dan hewani dari sisi dampaknya,  juga mempengaruhi birahi, untuk itu usahakan dominankan ke protein nabati, dalam hal ini disarankan ke bahan seperti tepung kedelai, tepung beras merah, tepung jengkol (hehe jangan ditanya jengkol baik buat pleci)

Hal-hal di atas adalah pilihan, semua tergantung apa penyebab awal over birahinya. Salam PBOJ

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pasar Burung Online




Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada Artikel baru

Join 19 other followers

Statistik Blog PBOJ

  • 428,518 hits
%d bloggers like this: